Cara Membeli Domain di Rumahweb

Posting Komentar

Cara Membeli Domain di Rumahweb

Cara membeli domain di Rumahweb sebenarnya gampang-gampang susah sih. Asal kitanya juga menerapkan dua hal penting saat proses pemasangannya, yaitu teliti dan sabar. Insya Allah semuanya akan kelar dalam sekejap tanpa butuh waktu yang lama. Gimana? Sudah siap menjadi seorang blogger yang handal dan profesional? 

Sebenarnya sudah banyak sekali ya tutorial atau cara membeli dan proses memasang domain ini yang kita jumpai di google. Tapi nggak masalah kan, kalau aku juga ikutan berbagi caranya. Karena aku yakin setiap orang pasti punya pengalaman dan kejadian yang berbeda saat proses membeli dan pemasangan domain blog ini berlangsung. Dan kali ini aku akan berbagi pengalaman aku saat membeli domain blog aku yang satu lagi di Rumahweb (harap maklum ya, aku tuh pengen punya blog yang isinya gado-gado, hehehe) 

Untuk pemasangan domainnya akan aku share juga, tapi nanti dulu ya. Hari ini kita akan fokus di membeli domain dulu. Karena sebelum memasangkan butuh beli dulu kan ya ☺

Nah, sudah tahu dong tempat-tempat penyedia domain yang populer di Indonesia ada buanyak sekali. Beberapa waktu lalu aku baru saja membeli dan memasang domain untuk blog aku yang lain pidaalandrian dari Rumahweb (jangan lupa mampir ya jika berkenan). Kenapa aku pilih di Rumahweb? Nggak ada alasan tertentu sih, selain karena disana lagi ada promo dengan harga yang lumayan murah dari pada jasa penyedia domain yang lain, hehehe (maklum, jiwa gratis aku langsung menyala kalau ketemunya sama yang murah apalagi gratisan).
Promo rumah web 11.11
Sebelum aku membeli, aku pastinya seperti biasa mencari referensi tempat terbaik untuk membeli domainnya juga kok. Nggak asal beli. Karena memang ini baru pertama kalinya juga buatku setelah sekian tahun ngeblog. 

Sebuah ku melakukan pencarian di google. Lumayan ada beberapa artikel yang menyarakan untuk membeli di Rumaweb. Walaupun aku pribadi belum ada perbandingan mana yang lebih bagus di antara penyedia jasa domain blog. 
Rumahweb adalah salah satu situs web populer yang ada di Indonesia sekaligus menjadi tempat tertua dan terbesar sebagian besar blogger sudah mengenalnya.

Sudah siap untuk basah kuyup bersama? 

Langkah-langkah cara membeli domain di Rumahweb

Oiya, sebelum membeli domain ada baik jika teman-teman sudah siap nama domain blognya masing-masing ya, kalau bisa sih dua. Satu yang utama, satu lagi untuk cadangan. Jaga-jaga takutnya saat mengecekan domain yang keinginan kita malah tidak tersedia. 

1. Registrasi akun dan login ke websitenya Rumahweb

Pertama-tama teman-teman harus ke websitenya Rumahweb  ya, lalu lakukan registrasi akun terlebih dahulu. Untuk mendaftarkan akun Rumahweb ini mudah kok, nggak sulit. Kalian cukup isi dengan email aktif, nomor hp, username dan lain-lain

Setelah melakukan registrasi akun, langkah selanjutnya adalah login menggunakan alamat email dan password yang sebelumnya kita isi saat registrasi.

2. Kita akan diarahkan ke halaman clientzone nya rumahweb

Selanjutnya teman-teman klik "register" yang ada pada register domain baru seperti yang sudah aku tanda dengan panah seperti digambar di bawah ini ya.
Client area Rumahweb
Daftar dikolom, teman-teman harus mengisinya dengan nama domain yang sudah teman-teman siapkan tadi sebelum memulai membeli domain blog ya. 
Register a new domain
3. Setelah klik "Register", kita akan diarahkan ke halaman Shopping Cart. Di sini teman-teman harus memilih produk yang diinginkan. Karena kita ingin membeli domain, maka teman-teman bisa meng-klik ke bagian menu domain.
Shopping cart Rumahweb
4. Setelah klik menu domain, akan tampil halaman seperti dibawah ini. Teman-teman harus mengisinya dengan nama domain blog yang diinginkan ya. 
Pilihan domain
Setelah kita ketik nama domain di koloms search, maka akan muncul beberapa pilihan nama domain yang tersedia beserta harga-harga domainnya. Oiya jika domain yang kita inginkan tidak tersedia, biasanya pihak Rumahwebnya akan memberi saran dengan pilihan domain yang lain. Jadi teman-teman nggak perlu khawatir. Rumahweb baik kok ☺

Seperti di gambar di bawah ini. Kebetulan domain untuk pidaalandrian.com sudah tidak tersedia lagi (karena memang sudah aku beli). 
Pilihan dan harga domain di Rumahweb
5. Jika domain utama yang diinginkan tidak tersedia, maka gunakan domain cadangan yang sudah disiapkan tadi. Jika domain cadangan tersedia, maka setelah itu teman-teman langsung saja klik kolom "Daftar" di samping domain yang teman-teman inginkan. 

Tentunya setiap blogger, saat membeli domain usahakan sesuai dengan isi budget-nya masing-masing ya. Jangan karena biar terlihat keren ikut-ikutan beli domain yang mahal, padahal isi kantong pas-pasang. Nah dibagian beli domain ini, jadilah diri sendiri. Jangan malu karena keterbatasan diri kita. Karena semua domain itu pada dasarnya sama saja. Tergantung bagaimana kita mengelola blog kita, nah dari situ baru kelihatan kualitas blog kita, mau itu domain yang murah atau pun yang mahal.

6. Setelah menekan tombol daftar, maka selanjutnya akan muncul opsi apakah kita ingin sekalian membeli privacy protection and managed contact dengan tambahan harga sebesar Rp. 10.000,-. Kalau teman-teman ingin membelinya "Aktifkan" baru klik tombol "lanjutkan". Kalau aku sih dibagian ini nggak aku aktifkan, langsung lanjutkan.
privacy protection and managed contact
7. Setelah klik lanjutkan, ternyata Rumahweb ramah tamahnya luar biasa ini. Selanjutnya kita akan ditawari apakah ingin membeli hostingnya sekalian?

Berhubung blogspot tidak butuh hosting, jadi teman-teman bisa langsung klik pilihan tombol "beli domain saja" ya.

8. Saat memilih metode pembayaran. Jika teman-teman butuh faktur pajak di klik "Ya", jika tidak pilih "Tidak". 

Untuk metode pembayaran, saran aku pilihlah metode pembayaran instan saja. Walaupun ada pilihan transfer Bank, prosesnya butuh waktu. Karena ada beberapa teman yang menggunakan transfer bank ada saja masalahnya. Jadi jika butuh cepat, gunakanlah akun bank virtual saja, karena untuk konfirmasinya secara otomatis. Jadi lebih mudah.

9. Setelah itu akan tampil jumlah total pembayaran yang harus kita transfer.  Jangan lupa cheklis "saya menyatakan telah menyetujui SLA, AUP, Perjanjian Layanan Web Hosting, dan Kebijakan Privasi"  sebelum chekout.
Tampilan jumlah total pembayaran
10. Selesai proses pembelian domain blog di Rumahweb.

11. Selanjutnya bayar dulu invoice-nya dan tunggu email konfirmasi yang menyatakan domain kita sudah aktif dan siap pemasangan ke blog (seperti dibawah)
Email pemberitahuan Rumahweb
Gimana? Mudah bukan?
Itulah dia langkah-langkah saat membeli blog domain kustom di Rumahweb. Pastikan sebelum membeli teman-teman sudah siap dua domain ya, satu yang utama dan satu lagi domain cadangan. Jika ada sekitar saat proses membeli, teman-teman bisa meninggalkan komentar dibawah ini ya. 

Semoga postingan membeli domain blog di Rumahweb ini bermanfaat dan bisa membantu teman-teman saat proses membeli domain di Rumahweb ya. 

Lebih baru Terlama

Related Posts

Posting Komentar